Selasa, 31 Mei 2011

KOORDINASI DAN RENTANG MANAJEMEN
Pengertian
“Proses pemaduan tujuan dan kegiatan unit – unit yang terpisah (departemen atau bidang fungsional) dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien”
Kebutuhan Akan Koordinasi
1. Ketergantungan yang dikelompokan Terjadi apabila sub unit-unit organisasi tidak tergantung satu sama lain 
    untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari, tetapi saling tergantung pada prestasi yang memadai dari setiap 
    unit bagi tercapainya tujuan akhir.
2. Ketergantungan Sequensial (sequential interdependence) Suatu unit organisasi harus melaksanakan   aktivitas  terlebih dahulu sebelum unit-unit selanjutnya dapat bertindak.
3. Ketergantungan Timbal Balik Melibatkan hubungan timbal balik antar sejumlah unit.
Masalah-masalah dalam Mencapai Koordinasi Efektif
1. Perbedaan orientasi terhadap tujuan tertentu Anggota-anggota dari departemen yang berbeda mengembangkan pandangan tersendiri tentang cara terbaik untuk meningkatkan kepentingan organisasi
2. Perbedaan orientasi waktu Berbagai anggota organisasi, seperti manajer produksi akan lebih memperhatikan masalah-masalah yang harus ditanggulangi segera atau dalam waktu singkat
3. Perbedaan orientasi pribadi
4. Perbedaan fomalitas struktur Setiap subunit dalam perusahaan dapat memiliki metode dan standar yang berbeda dalam mengevaluasi kemajuan pelaksanaan pekerjaan dalam mencapai tujuan dan dalam memberi imbalan kepada pegawai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar