KONSEP DASAR SISTEM
SISTEM
“Sekumpulan elemen yang saling bekerjasama dalam melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan”
KARAKTERISTIK SISTEM
1. Mempunyai Komponen
“Segala sesuatu yang menjadi bagian penyusun sistem”
2. Mempunyai Batasan
Untuk membatasi atau membedakan satu sistem dengan sistem lainnya. Batasan ini akan memberikan tujuan dari sistem itu sendiri
3. Mempunyai Lingkungan
Segala sesuatu yang berada diluar sistem
4. Mempunyai penghubung / antar muka (interface)
Segala sesautu yang menjembatani hubungan antar komponen dalam sistem. Contoh sarana, tempat.
5. Mempunyai Masukan (input)
Segal segala sesuatu yang menjadi masukan bagi sistem contoh data-data mentah
6. Mempunyai Pengolahan (Processing)
Segala sesautu yang mengolah data-data masukan (Perhitungan, Pengelompokan, Membandingkan, dll)
7. Mempunyai Keluaran (Output)
Segala sesuatu hasil dari proses yang berupa informasi
8. Mempunyai Sasaran dan Tujuan
9. Mempunyai Kendali (Control Pelaksanaan )
10. Mempunyai umpan balik (feed back terhadap penyempurnaan sistem)
SIKLUS HIDUP SISTEM
- Tujuan dan sasaran
- Planing (SDM, Anggaran, Target, SDA)
2. Mengembangkan / Desain
- Desain Modul Input
- Desain Model Proses
- Desain Output
- Perangkat Lunak dan Keras
- Model Jaringan
3. Pemasangan Sistem
- Instalasi dimasing-masing departeman
- Training Penggunaan
4. Pengoperasian
- Penggunaan Sistem
- Perawatan Sistem
5. Sistem Menjadi Usang / Diganti
- Perkembangan Teknologi
- Terjadi banyak masalah
- Perkembangan Perusahaan
INFORMASI
Data
“Sebagai bahan atau data-data mentah dari aliran kegiatan transaksi”
Informasi
“Hasil pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagi dasar pengambilan keputusan”
Theory Data
DATA
- Sekumpulan fakta, bilangan, angka dan simbol yang dibentuk dan diolah menjadi informasi (Scott)
- Gambaran / Fakta secara relatif belum berarti bagi si penerima (Davis)
- Penggambaran fakta, pengertian atau instruksi yang disampaikan, dimengerti dan diolah oleh manusia atau peralatan yang digunakan.
INFORMASI
Definisi: R.Mcleod
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi sipenerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang
Penggunan Informasi
- Low Level Managers
- Middle Level Managers
- Top Level Managers
Menurut Gordon B, Davis :
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi sipenerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang
Fungsi-fungsi Informasi
Adapun fungsi-fungsi informasi adalah sebagai berikut:
- Untuk meningkatkan pengetahuan bagi sipemakai
- Untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan pemakai
- Mengambarkan keadaan yang sebenarnya dari sesuatu hal.
KONSEP DASAR INFORMASI
1. Jenis-jenis informasi
- Formal : yang dihasilkan dari dalam organisasi
- Informal : yang berasal dari luar organisasi
2. Ciri-ciri Informasi
- Terbaru
- Tepat Waktu
- Relevan
- Penyajian dalam bentuk yang sederhana
Penggunaan Informasi
- Low Level Managers
- Middle Level Managers
- Top Level Managers
Kualitas Informasi (I)
1. Dimensi waktu
- Tepat waktu (timeliness)
- Up to Date (currency)
- Periode (period)
2. Dimensi Isi
- Akurasi (accuracy)
- Relevansi (relevance)
- Lengkap (completeness)
- Ringkas (conciseness)
PENGELOLA SISTEM INFORMASI
Tingkatan dalam pengambilan keputusan manajemen:
1. Manajemen strategis : mencakup ‘board of directors’, komite eksekutif CEO, serta top
executives yang terlibat dalam pengembangan garis besar sasaran organisasi, strategi,
kebijakan, dan tujuan-tujuan sebagai bagian dari proses perencanaan strategis.
2. Manajemen taktis: para manajer unit bisnis yang mengembangkan perencana-an jangka pendek dan jangka menengah, jadwal-jadwal, dan anggaran; penentuan kebijakan, prosedur, dan tujuan-tujuan bisnis bagi sub unitnya masing-masing.
3. Manajemen operasi: terdiri dari para kepala bagian di tingkat operasi yang menyusun perencanaan jangka pendek seperti jadwal produksi mingguan; mengatur penggunaan sumberdaya dan tingkat performansi pekerjaan sesuai prosedur, biaya, dan jadwal yang telah ditetapkan.
Kebutuhan Informasi menurut Tingkatan Manajemen
- Manajemen operasional
- Manajemen taktis
- Manajemen Strategis
Struktur Keputusan
1. Keputusan terstruktur: mencakup situasi dimana prosedur pengambilan keputusan yang harus diikuti dapat ditentukan sebelumnya. Misal: inventory re-order, kenaikan gaji dll. (dilakukan secara berkala)
2. Keputusan tidak terstruktur: mencakup situasi keputusan dimana prosedur yang harus diikuti tidak bisa ditentukan sebelumnya. Misal: reorganisasi dalam perusahaan (terjadi secara tiba2 dan tidak berkala)
Sistem Informasi Manajemen
1. Pengertian
Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau Management Information System (MIS) adalah suatu sistem informasi pendukung manajemen yang menyediakan berbagai laporan, display, dan respon secara periodik, eksepsi, atau berdasarkan permintaan.
2. Bentuk Laporan Manajemen
- Laporan periodik terjadwal
- Laporan atas permintaan
- Laporan Ringkas
MENGELOLA INFORMASI
Manajer mengelola sumber daya fisik juga sumber daya konseptual
1. Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna
2. Manajer juga memastikan orang yang layak dalam organisasi untuk menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat sehingga dapat dimanfaatkan.
3. Manajer akhirnya juga membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang mutakhir dan akurat
TUJUAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
- Agar organisasi dapat beroperasi secara efisien
- Agar Organisasi dapat beroperasi secara efektif
- Agar organisasi dapat memberikan pelayanan yang lebih baik
- Agar Organisasi dapat meningkatkan kreasi / improvisasi terhadap produk yang dihasilkan
- Agar organisasi dapat meningkatkan usahanya
BIAYA INFORMASI
- Biaya Perangkat Keras
- Biaya Analisis, Perencangan dan Pelaksanaan Sistem
- Biaya Tempat dan Lingkungan
- Biaya perubahan dan perawatan
- Biaya Operasi
TUGAS 2
1. 1. Kenapa informasi harus dikelolah dengan baik dan benar oleh para tingkatan manager.
- Informasi yang dibutuhkan oleh para manager harus mempunyai nilai yaitu : Up todate, Detail dan Accurate. Coba jelaksan maksud point-point tersebut dan berikan contoh jawaban anda
- Coba anda jelaskan informasi-informasi apa saja yang dibutuhkan oleh para tingkatan managerial dalam melaksanakan fungsinya dalam hal yaitu : Planning, Organizing dan Controling
TUGAS 3
1 1. Dua bentuk keputusan yaitu tidak terstruktur dan terstruktur. Kenapa tingkatan atas lebih
ba banyak berhubungan dengan keputusan tidak terstruktur, sedangkan manajer bawah lebih
banyak berhubungan dengan keputusan terstruktur?
2 Apa yang dimaksud dengan Sistem Pendukung Keputusan, Jelaskan jawaban anda dengan contoh pada kasus yang anda ketahui
pa mur,mo tanya,quality manager termasuk dalam top management kah?thx
BalasHapus