Mata Kuliah : Psikologi Pelayanan
Dosen : Murhadi,S.Kom,MM
Sub Kampus : Sub Kampus SMKN Suarabaya
Progam : D-1 PVB Akomodasi Perhotelan
Tujuan
Instruktusional Umum
Setelah memperlajari pokok bahasan ini, mahasiswa/
peserta diklat diharapkan memahami arti dan peranan psikologi dalam usaha pariwisata/perhotelan
Tujuan Instruksional
Khusus
Pada akhir pokok bahasan ini mahasiswa/ peserta diklat
diharapkan mampu :
1. Menjelaskan secara singkat konsep-konsep
pokok dalam psikologi.
2. Memberi penjelasan mengapa mahasiswa usaha
perhotelan harus mempelajari psikologi.
3. Merinci dan memberikan penjelasan tentang
ciri psikologi sebagai ilmu.
4. Menjelaskan peranan psikologi dalam usaha
perhotelan.
Petunjuk Untuk
Mahasiswa/ peserta diklat
1 . Topik-topik diskusi yang menarik untuk Pokok Bahasan I ini antara
lain adalah :
a. Apakah psikologi? Perilaku /aktivitas yang
bagaimana yang dipelajari oleh psikologi.
b. Seberapa jauh peranan psikologi menurut
anda dalam usaha perhotelan.
2 . Diskusi hasil observasi
anda dalam tugas “Mahasiswa Makhluk Rasional “ dengan memperhatikan hal-hal
sebagai berikut :
a.
Bagaimana rasanya menjadi seseorang supervisor ? coba ceritakan hambatan-hambatan yang dialami, baik
dalam persiapan maupun dilapangan
b.
Mudah / sulitkah mengamati prilaku mahasiswa/ peserta diklat ?
Pendahuluan
Karagaman manusia dengan
segala kekhasannya dan semakin kompleknya permasalahan dalam dunia di berbagai
bidang kehidupan, mengakibatkan setiap mahasiswa dituntut untuk memahami diri
sendiri dan lingkungan di luar dirinya, agar sanggup bersaing untuk memperoleh
kesempatan dalam pencapaian tujuan yang diinginkannya.
Oleh karena itu
ketergantungan antar manusia di abad ini semakin renggang dan akhirnya setiap
manusia dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan
mengantisipasi masalah yang akan muncul dimasa yang akan datang.
1. Pentingnya
Psikologi
Kita dilahirkan sebagai
makhluk sosial yang selalu berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Hasil
hubungan individu dengan yang lain selalu memuaskan, satu waktu kita kesal
terhadap orang lain, kali lain kita merasa senang dengan orang lain. Contoh
tersebut sebenarnya dapat kita rumuskan ke dalam pertanyaan psikologi, yaitu
bagaimanakah kita dapat kerjasama dengan orang lain ? Bagaimanakah agar orang
lain tertarik dengan diri kita ? Bagaimanakah caranya agar kita giat bekerja
dan sebagainya.
Untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan itu kita perlu memahami diri kita sendiri dan juga diri
individu lainnya. Dapat kita tegaskan untuk dapat berhubungan baik dengan orang
lain kita perlu memahami perilaku individu.
Apakah Psikologi itu ?
Secara harafiah
psikologi umumnya dimengerti sebagai
ilmu yang mempelajari perilaku. Psikologi mempelajari perilaku dan organisme.
Organisme inilah subyek perilaku dan perilakunya menjadi obyek psikologi.
Psikologi mempunyai ciri :
1. Perilaku itu sendiri kasat
mata, tetapi penyebabnya mungkin tidak dapat diamati langsung.
2. Perilaku mengenal berbagai
tingkatan. Ada
perilaku sederhana seperti refleks, dan perilaku yang kompleks seperti dalam
perilaku sosial mahasiswa.
3. Perilaku bervariasi
menurut jenis-jenis tertentu yang bisa diklasifikasikan salah satu klasifikasi
yang umum dikenal adalah :
a)
Kognitif, yaitu aktivitas
yang berhubungan dengan daya kerja otak / pikiran, seperti mengamati,
menilai, menyimpulkan , berpendapat, dan lain-lain.
b)
Afektif , yaitu aktivitas yang berkaitan dengan perasaan atau
emosi mahasiswa seperti : marah,melamun, sedih, gembira, suka, tidak suka dan
sebagainya.
c)
Psikomotorik, yaitu aktivitas individu yang berkaitan dengan
kerja organ-organ tubuh mahasiswa , seperti : berlari, menangis, memukul,
menari, tertawa dan sebagainya.
4. Perilaku bisa disadari dan
tak disadari, tetapi kadang-kadang kita bertanya mengapa kita berperilaku
seperti itu.
Dengan
mempelajari psikologi, diharapkan kita sebagai orang-orang yang akan bekerja
dalam usaha perhotelan akan dapat memahami mahasiswa dalam berinteraksi dengan
lingkungannya.
2. Pentingnya Mempelajari Psikologi
Adanya interaksi mahasiswa dengan lingkungannya menuntut kita untuk mempelajari
psikologi. Untuk apa ?
a. Membantu individu untuk
memahami dirinya sendiri.
b. Membantu individu untuk
dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sebagai tempat hidupnya.
c.
Membantu individu dalam pemecahan masalah sosial pribadi.
d. Membantu individu untuk
memecahkan masalah sekarang terutama dalam memutuskan keputusan dan atau
pilihan serta mampu mengantisipasi masalah-masalah yang akan datang.
3. Peranan
Psikologi dalam Usaha Perhotelan
a) Untuk membantu penempatan
pegawai agar sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya yang pada akhirnya
adanya kepuasaan bagi individu itu sendiri.
b) Untuk membantu pengembangan
diri setelah individu menerima dan mengerti kelemahan dan kelebihan diri
sendiri.
c) Membantu setiap karyawan
perhotelan untuk memiliki “sifat menerima” kepada semua pelanggan atau orang
yang dilayaninya.
d) Membantu perilaku
“New-adaptive” individu dalam lingkungan kerja yang dimasukinya.
e) Membantu individu untuk
memotivasi dirinya sendiri yang berkaitan dengan masalah-masalah profesinya.
f)
Membantu karyawan perhotelan untuk mampu menilai dan
mengendalikan diri
Tugas
1. Buat resume materi diatas
2. Apa yang anda ketahui tentang psikologi pelayanan di dunia industri Perhotelan ?
3. Seberapa penting psikologi pelayanan bagi supervisor dan para staf
Keterangan :
Jawaban anda di upload blog anda atau di e-mail paling lambat kamis tanggal 7 Maret 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar