Materi Psikologi
Program Diploma I Sub Kampus SMKN 57
KOMUNIKASI SOSIAL
DALAM USAHA PERHOTELAN
Tujuan Instruksional
Umum
Sesudah mempelajari pokok
bahasan ini mahasiswa/ peserta diklat memahami peranan komunikasi antar
individu dan pentingnya mengetahui jalur-jalur komunikasi dalam suatu usaha
perhotelan.
Tujuan Instruksional Khusus
Sesudah mempelajari pokok
bahasan ini, mahasiswa / peserta diklat diharapkan mampu :
1. Mennjelaskan mengenai komunikasi
dan manfaat komunikasi dalam hubungan interpersonal.
2. Menjelaskan dan menguraikan model dan
komponen dalam komunikasi.
3.
Menjelaskan mengenai komunikasi horizontal, diagonal dan komunikasi ke
atas serta ke bawah.
4. Menjelaskan peranan komunikasi
dalam suatu usaha, khususnya perhotelan.
Petunjuk Untuk Mahasiswa/ Peserta Diklat
1) Topik-topik diskusi yang menarik
untuk pokok Bahasan IV ini antara lain adalah :
* Apakah komunikasi social dalam usaha perhotelan menurut
sudut tinjauan pengolahan informasi seperti yang dijelaskan hanya dimiliki oleh
usaha perhotelan ? Mengapa ?
* Dari penjelasan yang anda peroleh dalam pokok
bahasan ini, apakah anda setuju dengan adanya jalur-jalur komunikasi ! Mengapa?
2) Apa gunanya Umpan Balik ( Feedback
) dalam komunikasi ? dan sejauh mana peranan komunikator dalam penyampaian
berita ?
PENDAHULUAN
Sejak awal peradabannya,
komunikasi antar manusia / social merupakan kegiatan utama manusia sebagai
makhluk social. Komunikasi dapat berlangsung setiap saat dimana saja, kapan
saja, untuk siapa saja dan dengan siapa saja.
Demikian pentingnya komunikasi
bagi manusia dalam hidupnya, sehingga manusia disebut sebagai Homo Communicus,
artinya manusia merupakan makhluk social yang selalu mengadakan hubungan dan
interaksi dengan manusia sesamanya karena mereka saling memerlukan dan juga
karena manusia hanya bisa berkembang melalui komunikasi.
Hal ini berarti kita harus
mau dan mampu mengadakan hubungan dengan masyarakat sekeliling kita. Hubungan
sangat penting dalam pembinaan kepribadian dan pengembangan bakat seseorang.
Kita perlu berhubungan dengan semua pihak yang berkepentingan, baik secara
langsung maupun tidak langsung, baik secara formal maupun non formal. Oleh
sebab itu komunikasi merupakan suatu hal yang penting bagi kehidupan manusia.
1. Makna
Komunikasi Dalam Hubungan
Interpersonal
Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu
Communicare, yang artinya “sama”. Jadi apabila kita berkomunikasi dengan pihak
lain, maka kita harus menentukan terlebih dahulu suatu sasaran sebagian dasar
untuk memperoleh pengertian yang sama.
Bagi kita, komunikasi merupakan tukar menukar pikiran
pendapat dan perasan untuk menemukan persamaan dalam perbedaan sebagai dasar
musyawarah dan mufakat, dalam artian, komunikasi berlangsung untuk mencapai
titik temu dan kesamaan makna dari suatu obyek.
Menurut para ahli –ahli komunikasi, komunikasi adalah proses
kegiatan penyampaian berita atau
informasi yang mengandung arti dari suatu pihak lain atau seseorang dalam upaya
mendapatkan saling pengertian.
Pada Millenum III (era globalisasi) , penyampaian berita tidak hanya terbatas pada manusia saja, tetapi
peralatan elektronik pun maupun menjadi alat pengirim dan penerima berita.
2. Arti Pentingnya
Komunikasi Dalam Suatu Usaha
Perhotelan
Komunikasi merupakan salah satu bidang yang penting dalam
kegiatan suatu hotel restoran karena pada hakekatnya hotel sebagai tempat berkumpulnya orang-orang atau sebagai suatu tempat
melakukan komunikasi. Komunikasi membantu dunia bisnis atau personal bagaimana
setiap pribadi dapat efektif menjalankan tugas-tugasnya dalam organisasi yang
modern.
Semua fungsi dalam organisasi modern tergantung pada
komunikasi, seperti dalam situasi hotel, orang-orang yang berperan didalamnya
memerlukan komunikasi. Mulai dari manager hotel sampai tenaga pelaksana pada
hotel tersebut perlu mengenal alur komunikasi yang ada baik secara horizontal,
vertical maupun diagonal.
Hal tersebut wajar, karena dengan komunikasi setiap pekerja
akan mampu mentransfer informasi atau pesan dari satu pihak ke pihak lain. Jika
pesan itu dipahami oleh orang lain kita katakan komunikasi itu berhasil, tetapi
bila sebaliknya, maka komunikasi itu gagal.
Keberhasilan komunikasi yang baik akan dapat mewujudkan
situasi yang bersifat kekeluargaan, bersahat, sehingga akhirnya dapat
memperkuat keinginan seseorang atau organisasi. Seorang komunikator yang
efektif harus mampu memberikan pengertian dan ide-ide secara terampil. Oleh
karena itu setiap pegawai hotel perlu memahami komunikasi agar dapat tercipta
komunikasi yang sehat terbuka.Hal ini penting untuk meningkatkan dedikasi.
Selain itu juga dapat membantu dalam hal lainnya seperti :
a). Meningkatkan kesetiakawan dan
loyalitas antara sesame personal yang ada dalam suatu lingkungan kerja hotel.
b) Meningkatkan
kegairahan kerja pegawai.
c) Meningkatkan
displin yang tinggi .
d) Meningkatkan
kerjasama antar karyawan.
e) Meningkatkan rasa
tanggung jawab.
f) Mempercepat
informasi yang dibutuhkan oleh para karyawan
g) Meningkatkan operasional yang efesien
3. Komunikasi dalam
Organisasi
Organisasi adalah sistem sosial yang secara sadar dirancang
dan dibentuk untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Suatu bentuk kerjasama yang
modern dan sebagai suatu contoh yang memadai adalah hotel.
Suatu organisasi formal seperti hotel pada hakekatnya merupakan
gambaran komunikasi sosial, karena didalamnya ada kegiatan yang menjelaskan
suatu hasil kegiatan, kesimpulan suatu operasi, keputusan-keputusan,
peran-peran dan petunjuk-petunjuk dari suatu pihak ke pihak lainnya.
Manusia merupakan unsur terpenting dalam suatu organisasi. Ada suatu struktur yang
stabil memungkinkan suatu organisasi berfungsi secara efektif dalam menunaikan
tugas-tugasnya. Tingkah laku orang-orang di dalam organisasi tetap akan
merupakan tingkah laku individu, akan tetapi ia memiliki seperangkat faktor
tertentu yang berbeda di luar peran organisasinya. Struktur suatu organisasi
cenderung merupakan proses komunikasi. Hidupnya suatu organisasi akan sangat
tergantung dari unsur komunikasi itu sendiri.Tanpa komunikasi organisasi tidak
akan bisa berjalan dengan baik dan efektif.
Pola organisasi memberi kemungkinan berlangsung sistem
komunikasi dalam arah yang berbeda : ke bawah (downwards), ke atas (upwards),
horizontal dan diagonal.
a. Komunikasi Ke
Bawah (Downwards Communication)
Komunikasi ini mengalir dari seorang pimpinan (manager) pada
jenjang hierarki yang lebih tinggi ke jenjang yang lebih rendah, bentuk yang
umum adalah :
1)
Petunjuk yang merupakan pernyataan pihak pimpinan yang
memberikan tuntunan kepada para pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
2)
Perintah yang merupakan penugasan kepada bawahan tentang hal
yang harus dijalankan / kerjakan atau dapat pula suatu larangan.
3)
Teguran yang disampaikan bila tugas tidak dilaksanakan atau
tidak selesai sesuai waktu yang telah ditentukan dan sering terjadi kesalahan
dalam pengerjaannya.
4)
Instruksi, memo resmi, pengumuman surat edaran, pernyataan tentang kebijakan,
organisasi, prosedur, pedoman kerja dan lain-lain.
Hal ini dapat dilaksanakan secara lisan melalui komunikasi
tatap muka atau secara tertulis. Dari hal tersebut akan tercipta suatu umpan
balik (feedback) dari bawahan terhadap apa yang diterimanya dari atasan. Dan
inilah yang biasa disebut Arus
Komunikasi Ke Atas.
b. Komunikasi Ke
Atas (Upwards Communication)
Arus komunikasi dari bawahan ke atas (pimpinan) lebih
menekankan segi pertanggung jawaban antara hubungan pimpinan dan bawahan.
Bentuk komunikasi ini antara lain berupa :
·
Laporan untuk memberikan informasi agar pelaksanaan pekerjaan
dapat berjalan secara teratur.
·
Keluhan, pendapat, saran, surat pertanggung jawaban, saran pengaduan,
dengan maksud untuk mendapatkan suasana kerja yang memuaskan dan terdapatnya
hubungan kerja yang baik.
C.
Komunikasi Horizontal
Disebut juga komunikasi mendatar yang berarti komunikasi
antar pegawai yang mempunyai kedudukan setingkat atau sama. Misalnya antara
seorang supervisor dengan supervisor lainnya. Dan umumnya bersifat pemberian
informasi mengenai keterangan antar pimpinan satuan unit organisasi yang
berhubungan dengan pelaksanaan kebijaksanaan pimpinan, sehingga tidak terdapat
unsur perintah.
Komunikasi horizontal dapat dilakukan dengan berbagai cara,
antara lain :
·
Secara formal dikemukakan melalui rapat pimpinan, rapat
dinas, rapat kerja dan musyawarah kerja.
·
Secara tidak formal dilakukan dengan cara lisan, melalui
telephone dan tertulis.
Komunikasi Horizontal
Dalam Struktur Organisasi
|
d. Komunikasi Diagonal
Disebut juga komunikasi silang (Cross Communication), yaitu komunikasi
antara pimpinan bagian dengan staff dari bagian lain, atau antara pimpinan
seksi dengan karyawan dari seksi lain yang ada hubungan fungsional.
Jadi dalam komunikasi diagonal, komunikasi yang berlangsung
antara pegawai pada tingkat kedudukan yang berbeda dengan tugas dan wewenang
yang berbeda serta tidak mempunyai wewenang langsung terhadap pihak yang lain.
4. Proses Komunikasi
Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan /
berita melalui sarana / media sehingga bisa diterima oleh penerima respon.
Proses Komunikasi
Komponen-Komponen Dalam Komunikasi :
a. Pengiriman Berita /
Komunikator
b. Bentuk Berita / Pesan / Komunike
c.
Penerima Berita / Komunikan
d. Media / Channel
e.
Respon, Reaksi / Tanggapan
Faktor-Faktor yang dapat
Mempengaruhi Kesenjangan Komunikasi :
1. Kerangka acuan / cara berpikir antara
komunikator dan penerima pesan.
Bila keduanya mempunyai pengalaman, pemahaman cara berpikir
yang sama, pesan dapat diterima dengan baik. Tetapi kalau sebaliknya yang
terjadi, pemahaman komunikasi tidak efektif.
2. Kesenjangan status
Baik individu atau organisasi mengungkapkan tingkat hirarki
melalui simbol-simbol / gelar (ruang kerja).
3. Kesenjangan antara Isi Pesan dengan Realita /
Sasaran.
5. Model Komunikasi
Proses komunikasi dikenal dengan dua model yaitu komunikasi
sederhana dan kompleks.
(a) Komunikasi
Sederhana
Model komunikasi sederhana sering terjadi dalam kehidupan
sehari-hari, fungsi keduanya bersifat positif. Pembicara hanyalah menyampaikan
pesan dan pendengar hanyalah menerima pesan, tanpa adanya umpan balik.
Contoh : Bila kita melihat siaran berita, mendengarkan radio,
mendengarkan khotib, dosen menyampaikan materi kuliah exploratory lecture,
menyapa kepada tamu, Conventional Communication, dan lain-lain.
Model Komunikasi
Sederhana
(b) Komunikasi Kompleks
Model ini menjelaskan lebih rinci mengenai model komunikasi
yang humanis, yaitu adanya peralihan suatu pesan dengan melibatkan sikap,
emosi, peranan dan perilaku non verbal dari diri individu yang terlibat
didalamnya. Pendengar dan pembicara pada model ini, dilibatkan untuk merespon
terhadap pesan yang diterima , yang
berbentuk umpan balik positif dan negatif atau keduanya.
Contoh model ini diskusi , konseling , seminar dan lain-lain
(CH )
Model Komunikasi Kompleks
|
|||||
|
|
Tugas
1. Buat kesimpulan materi diatas
2. Apa yang maksud dengan komunikasi dalam organisasi ? jelaskan
3. Buat studi kasus komunikasi ke bawah, ke atas dan komunikasi diagonal
4. Bagaimana menciptakan komunikasi yang efektif
Catatan :
1. Jawaban anda diupload paling lambat hari kamis tanggal 7 Maret 2013
jam 15.oo
2. bacara refrensi lain sebagai bahan untuk menjawab tugas diatas.
Tugas sudah saya kerjakan pak bisa bapak cek di
BalasHapushttp://agilprayoga.wordpress.com/2013/03/07/tugas-psychology-online-service-2/
Terima Kasih
tugas saya sudah saya kerjakan di http://guntursyahp78.wordpress.com/2013/03/07/tugas-online-psycology-service-2/
BalasHapuspak, saya sudah mengerjakan tugas kuliah onlline, bapak bisa mengeceknya di blog saya http://kurniadwio.wordpress.com/2013/03/07/tugas-psychology-komunikasi/
BalasHapuspak saya sudah kerjakan , bapak bisa cek di http://enirosalina.wordpress.com/2013/03/07/tugas-psychology-ke-2/ .terima kasih pak
BalasHapusIni link blog saya pak http://wp.me/p2tcYm-1R
BalasHapuspak saya sudah mengerjakan tugas ini, dalam blog saya :
BalasHapushttp://wp.me/p2td0N-1h
tugas saya ada di link ini pak. terimaksih
BalasHapushttp://hambaliabdul.wordpress.com/2013/03/07/tugas-pak-murhadi-komunikasi/
ini tugas saya pak http://ridwanyunizd.wordpress.com/2013/03/07/tugas-kuliah-online-pvb-batch-iii-psikologi-service/
BalasHapusini tugas saya pak http://sherlyginting.wordpress.com/2013/03/08/tugas-online-psikology-service-2/
BalasHapusmaaff terlambat,bisa di cek pa tugas saya http://maulanamyusuf.wordpress.com/2013/03/13/komunikasi-sosial-dalam-usaha-perhotelan/ terimakasih.
BalasHapushttp://maureeneloisha.wordpress.com/2013/03/14/tugas-psikologi-komunikasi/
BalasHapusmaaf pak telat saya gada yang kasih info,bisa dicek ya pak,terimakasih